Rabu, 11 Mei 2016

10 Universitas Terbaik Yang Ada di Indonesia Timur

Tidak dapat dipungkiri jika universitas terbaik yang ada di Indonesia di dominasi di wilayah pulau jawa. Untuk wilayah di Timur Indonesia cenderung ketinggalan dan jauh dari peringkat dunia, alhasil banyak dari anak-anak Indonesia Timur yang merantau ke pulau Jawa.

Masalah lain timbul ketika seseorang kuliah di pulau Jawa adalah biaya, biaya kuliah  yang tidak sedikit belum lagi biaya hidup. Dari sekian banyak Universitas yang ada di Indonesia Timur tidak semua jelek kok, ada beberapa yang mampu bersaing dengan universitas yang ada di pulau Jawa

Baca juga :

Kisah Inspirasi Mahasiswa Indonesia Yang Meraih Mimpi Dengan Keterbatasan Fisik dan Ejekan

 

1. Universitas Hasanudin




Universitas Hasanuddin yang biasa disingkat UNHAS, adalah perguruan tinggi negeri di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri sejak tahun 11 Juni 1956. Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden. Kampus Unhas semula dibangun di Baraya atau Kampus Baraya.

Namun, awal tahun 1980-an, ketika Rektor dijabat Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, Kampus Unhas dipindahkan ke Tamalanrea, karena Kampus Baraya sudah berada di tengah kota.

Universitas Hasanudin memiliki rangking 17 universitas terbaik di Indonesia sedangkan untuk tingkat dunia di perinkat 2558

 

2. Universitas Sam Ratulangi


[caption id="" align="aligncenter" width="635"] id-artikel.online[/caption]

Universitas Sam Ratulangi sering disingkat dengan sebutan UNSRAT adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Universitas Sam Ratulangi dipimpin oleh seorang Rektor.Rektor UNSRAT yang sekarang adalah Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA.

Di Indonesia Universitas Sam Ratulangi di rangking ke 59 sedangkan pada peringkat dunia menduduki posisi 4859

 

3. Universitas Negeri Gorontalo


[caption id="" align="aligncenter" width="640"] ung.ac.id[/caption]

Universitas Negeri Gorontalo yang biasa disingkat UNG adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Gorontalo yang didirikan pada tahun 1 September 1963.

Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi Cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado, tahun 1965 bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo.

Universitas Negeri Gorontalo memiliki peringkat 64 untuk rangking Indonesia dan dunia pada rangking 1558

 

4. Universitas Negeri Makasar


[caption id="" align="alignnone" width="900"] benyaminlakitan.com[/caption]

 

Universitas Negeri Makassar yang sering di disingkat dengan UNM merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Makassar yang berdiri pada 1 Agustus 1961

Rektor pada tahun 2006 adalah Prof. Dr. H. M. Idris Arief, MS. dan selanjutnya Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd. dari 2008  hingga Sekarang.

Peringat untuk Universitas Negeri Makasar adalah 64 sedangkan untuk rangking dunia 5322

 

5. Universitas Tadulako Palu


[caption id="" align="aligncenter" width="780"] metrosulawesi.com[/caption]

Universitas Tadulako atau sering disebut UNTAD adalah  salah satu perguruan tinggi negeri di Palu Sulawesi Tengah.

Sesuai Keppres No. 36 Tahun 1981 Universitas Tadulako berdiri pada tanggal 14 Agustus 1981.  Rektor yang sekarang menjabat pada periode pertama tahun 2011–2014 dan periode kedua tahun 2014–2019 adalah Prof. Dr. Ir. Muh. Basir Cyio, SE, MS

Rangking yang diraih untuk Universitas Tadukalo adalah 65 sedagkan untuk dunia di rangking 5363

 

6. Universitas Nusa Cendana Kupang


Universitas Nusa Cendana atau bisa disingkat UNDANA mrupakan universitas negeri pertama yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berdiri pada tanggal 1 September 1962.

Universitas ini didirikan oleh Kementerian Perguran Tinggi dan Ilmu Pengetahuan, dengan menimbang aspirasi masyarakat NTT saat itu

Saat ini Prof. Fredrik Benu ditetapkan menjadi Rektor Undana periode 2013-2017 menggantikan Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc.Ph.D pada tanggal 3 Desember 2013.

Universitas Nusa Cendana menduduku rangking ke 67 universitas terbaik di Indonesia untuk rangking dunia 5538

 

7. Universitas Mataram


[caption id="" align="aligncenter" width="711"] pojoksatu.id[/caption]

Universitas Mtaram merupakan perguruan negeri yang ada di Nusa Tenggara Barat. Universitas Mataram didirikan pada 1 Oktober 1962. Awalnya kampus Universitas Mataram terletak di Jalan Pendidikan No. 36 Mataram. Dan sekarang dikenal sebagai kampus lama. Namun seiring dengan perkembangan kampus Unram, sekarang kampus baru terletak di Jalan Majapahit Mataram

Universitas Mataram menduduku rangking ke 91 universitas terbaik di Indonesia untuk rangking dunia 7710

 

8. Universitas Patimura


[caption id="" align="aligncenter" width="600"]universitas terbaik fajar.co.id[/caption]

Universitas Pattimura adalah perguruan tinggi negeri di Ambon, Maluku, Indonesia, yang berdiri pada 8 Agustus 1962. Rektorpada tahun 2012 adalah Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si.

Universitas yang dikenal juga dengan akronim UNPATTI ini beralamat di Jl. Ir. M. Putuhena, Poka-Ambon, dan sekarang memiliki 8 Fakultas, yaitu: Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Perikanan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan pada tahun akademik 2008/2009 menerima mahasiswa baru untuk Program Studi Pendidikan Kedokteran.

Universitas Patimura menduduku rangking ke 144 universitas terbaik di Indonesia untuk rangking dunia 11611

 

9. Universitas Negeri Papua


Universitas Papua (UNIPA) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Manokwari, Indonesia.[2] Universitas Papua didirikan pada tanggal 3 November 2000, peresmiannya dilakukan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi atas nama Menteri Pendidikan Nasional pada hari Sabtu, tanggal 28 Juli 2011.

Pada tanggal 17 Oktober 2014 Universitas Negeri Papua berganti nama menjadi UNIVERSITAS PAPUA berdasarkan Peraturan Presiden (PERPRES) Republik Indonesia Nomor 155 Tahun 2014. Saat ini Universitas Papua memiliki 3 Kampus Unggulan di Provinsi Papua Barat.

Universitas Papua disingkat UNIPA merupakan pengembangan dari Fakultas Pertanian Universitas Cenderawasih yang perkembangannya melalui empat periode, yaitu periode FPPK UNCEN (1964-1982), FAPERTA UNCEN (1982-2000), Universitas Negeri Papua (2000-2014), dan pada akhirnya Universitas Papua (2014 - sekarang).

Saat ini Universitas ini menduduki rangking 202 di Indonesia dan 14859 di peringkat dunia.


10. Universitas Cendrawasih


Universitas Cenderawasih, disingkat Uncen, adalah perguruan tinggi negeri di Jayapura, Indonesia, yang berdiri pada 10 November 1962. Rektor pada tahun 2006 adalah Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA.

Universitas cendrawasih menduduki rangking 299 Untuk Indonesia dan dunia rangking 19821

Load comments