Jumat, 27 Mei 2016

7 Jurusan Kuliah Tersulit Buat Lulus Di Indonesia

Bagi calon mahasiswa baru memilih jurusan buat kuliah bukanlah hal yang gampang karena ada beberapa faktor yang menyebabkan para mahasiswa ragu untuk memilih jurusan, salah satunya apakah jurusan tersebut jurusan tersulit untuk lulus atau tidak 

Di Indonesia terdapat banyak sekali universitas maupun perguruan tinggi yang memiliki kualitas bagus secara umum yang tentu saja itu akan memberikan banyak peluang bagi calon mahasiswa untuk mewujudkan impian mereka, namun tidak semua jurusan yang ada di universitas dan perguruan tinggi sama dalam pengertian kesulitan dalam materi yang diajarkan tentu saja setiap jurusan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Nah berikut adalah beberapa jurusan yang sulit di Indonesia.

 

1. Jurusan Tersulit Matematika dan Statistika




Mendengar dari namanya saja kita sudah tahu bahwa Jurusan matematika adalah jurusan tersulit dan salah satu bidang yang membuat kita frustasi ketika belajar mulai dari teori, rumus dan angka-angka. namun jangan salah karena matematika ada di setiap cabang ilmu yang ada di dunia hanya saja kadarnya yang berbeda tak heran jika matematika disebut induk cari semua cabang ilmu

Mahasiswa jurusan matematika nantinya akan di arahkan kepada pemecahan solusi dari fenomena-fenomena kehidupan yang akan disederhanakan kedalam model matematika.

Jurusan  tersulit lainnya adalah Statistika yang merupakan anak dari cabang ilmu matematika yang nantinya para mahasiswa akan dihadapkan pada pengolahan data hingga menyajikan data dalam bentuk analisa yang berguna untuk masa yang akan datang.


2. Teknik Informatikawww.lockheedmartin.com


 

Jurusan tersulit yang kedua adalah Jurusan Teknik informatika, jurusan ini salah satu cabang ilmu yang berkaitan dengan teknologi khususnya komputer yang mana menjadi salah satu barang penting pada saat ini.

Jurusan teknik informatika erat kaitannya dengan matematika, penerapan logika dan komunikasi data yang terjadi pada perangkat komputer. Mahasiswa teknik informatika diharapkan bisa membuat sebuah rekayasa infotmatika dan perangkat lunak dari bahasa pemograman untuk pemecahan masalah.

 

3. Arsitektur


www.scad.edu

Banyak yang menyangka jurusan arsitektur hanya sebatas membuat rancangan konstruksi pada sebuah gambar. Mahasiswa jurusan arsitektur akan di ajarkan tentang membuat rancangan sebuah kota bagaimana cara membangun sebuah kota dengan tetap menjaga lingkungan.

Sehingga jurusan arsitektur menjadi jurusan tersulit untuk lulus. Maka dari itu seorang mahasiswa jurusan arsitektur membutuhkan sebuah kreatifitas yang tinggi, memiliki jiwa seni serta perhitungan yang tepat.


4. Kedokteran dan Bedah


www.pbs.org

 

Tidak banyak yang tahu jika jurusan ini merupakan jurusan tersulit, biasanya untuk lulus kuliah pada jurusan ini membutuhkan waktu hingga 5-6 tahun lamanya yang relatif dibandingkan dengan jurusan lain karena seorang mahasiswa kedokteran nantinya akan berhadapan dengan sebuah masalah kritis berkaitan dengan nyawa seseorang

Seorang mahasiswa kedokteran dituntut untuk menguasai semua aspek medis, psikis,sosial hingga budaya dan juga berbagai ilmu seperti anatomi, fisiologi, atologi, farmatologi, psikiatri dan lainnya, bisa dibayangkan betapa sulitnya menjadi mahasiswa jurusan kedokteran dan bedah.

 

5. Farmasi


www.harbourside.com

Salah satu yang terbayang di pikiran kita tentang farmasi adalah tentang obat-obatan yang merupakan salah satu jurusan paling banyak peminatnya di indonesia ini tak sebatas hanya membuat obat obatan baik yang alami maupun sintetik lebih dari itu, jurusan farmasi juga mempelajari tentang biologi, kimia, kesehatan masyarakat sampai ke menejemen dan pemasaran.


6. Teknik Kimia


www.ntnu.edu

Jurusan teknik memang memberikan kesan yang lebih sulit dari yang lainnya seperti halnya jurusan teknik kimia yang merupakan salah satu cabang ilmu rekayasa yang mana cabang ilmu ini mempelajari tentang bagaimana cara mengubah bahan mentah menjadi bahan yang bernilai.

Teknik kimia merupakan jurusan yang mempelajari teknik perancangan sebuah pabrik mulai dari pabrik makanan, kimia, tekstil dan lain sebagainya yang membuatnya menjadi jurusan tersulit

Teknik kimia sebagai peranan penting dalam pemilihan bahan baku suatu product yang akan digunakan serta pengendalian lingkugan.

 

7. Ilmu Ekonomi


www.educatedmind.net

Ilmu ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran, inti masalah dari ekonomi adalah ketidak seimbangan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan sumber kebutuhan pemuas yang terbatas.

Oleh sebab itu mahasiswa ilmu ekonomi dituntut untuk bisa memecahkan suatu masalah terbebut mulai dari tingkat yang terkecil seperti rumah tangga hingga sebuah negara.

Load comments