Kamis, 19 Mei 2016

7 Tips Belajar Untuk Menghadapi UAS Dengan Mudah

Indostudent.com - UAS atau "ujian akhir semester" bagi sebagian mahasiswa adalah momok yang menakutkan karena UAS  berpengaruh besar dalam perolehan nilai Akhir yang bakalan kita didapatkan dalam satu semester  . percuma aja kan kalau kita udah belajar satu semester penuh udah rajin buat tugas tapi nilai UAS nya ancur maka nilai nilai Akhirnya pun bakalan ikut ancur kecuali dosennya baik, biasanya nilai akhir didapatkan dari  rasio 40% dari nilai UAS yang diperoleh.

Untuk itu kita perlu persiapan yang matang untuk menghadapi UAS dengan baik, dengan belajar jauh -jauh hari sebelum UAS adalah salah satu cara yang afektif untuk mendapatkan nilai yang memuaskan namun kita tidak perlu memaksakan diri dalam hal belajar karena hal tersebut bakalan menimbulkan rasa jenuh dan menghambat proses belajar.

Minggu tenang adalah waktu yang tepat bagi kita belajar untuk menghadapi soal-soal UAS sebab semua kegiatan perkuliahan sudah selesai dan pikiran kita akan lebih tenang untuk fokus belajar minggu tenang juga di khususkan bagi mahasiswa belajar untuk menghapi UAS.

Berikut adalah hal yang harus kamu persiapkan dalam belajar sebelum menghadapi UAS :

 

1.  Membuat jadwal belajar


Manfaat dari membuat jadwal belajar sangatlah banyak selain bisa mengatur waktu belajar secara teratur juga bisa meningkatkan produktivitas kita dalam hal belajar, Membuat jadwal sebenarnya tidaklah rumit karena kita hanya perlu menentukan kapan kita harus belajar intensif dan seberapa lama waktu yang kita butuhkan untuk belajar.

 

2. Pelajari kisi-kisi


Sebelum libur minggu tenang biasanya dosen bakalan ngasih kisi-kisi buat ujian UAS, dari kisi-kisi itulah kita mendapatkan gambaran apa aja yang bakalan keluar ketika di ujian UAS walaupun ada beberapa yang tidak muncul di ujian kisi-kisi tetaplah penting untuk membantu kita menentukan apa saja yang harus di pelajari.

 

3.  Pelajari soal UAS tahun sebelumnya


Biasanya mahasiswa yang rajin bakalan mencari soal-soal tahun kemaren yang didapatkan dari kakak tingkat buat di kerjakan sebagai penambah yang dipelajari dari kisi-kisi karena bisanya soal UAS yang diberikan oleh dosan tidak akan jauh berbeda dari soal UAS tahun kemaren, kecuali dosennya rajin.

 

4. Tetapkan standard nilai


Setelah membuat jadwal dan belajar dari kisi-kisi maupun soal UAS tahun yang lalu kita seharusnya sudah memiliki gambaran tentang berapa nilai standard yang bakalan kita di dapatkan dalam UAS tahun ini dengan menetapkan minimal standard nilai yang di dapatkan akan membuat kita lebih yakin dan percaya diri untuk menghapi ujian UAS.

 

5. Refrashing


Dalam proses belajar refresing juga penting  untuk menjaga mood agar tetap baik agar selalu bersemangat untuk belajar, rafresing dalam hal ini dilakukan dalam bentuk istirahat sejenak di saat belajar dan keluar untuk jalan-jalan sebentar selama beberapa saat.

 

6. Hindari SKS


Sistem kebut semalam adalah hal yang sering dilakukan mahasiswa menjelang ujian karena sebelumnya mereka tidak mau atau lupa untuk belajar untuk sistem belajar sks sebaiknya dihindari sebab hal tersebut bisa dibilang percuma untuk persiapan menghadapi UAS karena tidak efektif.

 

7. Berdoa'a


Berdo'a lah sebelum ujian dan lakukan ibadah seperti sholat, sedekah dan lain-lain agar hati kita merasa tenang dalam mengerjakan semua soal-soal yang diberikan karena semua usaha yang kita lakukan adalah cerminan yang akan kita peroleh.

 

 

 

Load comments