Rabu, 04 Mei 2016

8 Alasan Mengapa Organisasi Penting Bagi Mahasiswa

Indostudent.com - Di setiap kampus tentu ada yang namanya orma atau organisasi mahasiswa yang di buat dengan tujuan sebagai media dan tempat untuk menyalurkan hobi atau potensi mahasiswa di kampus tersebut. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa mau bergabung di dalam organisasi mahasiswa tersebut dengan bebagai alasan yang umum seperti tidak bisa membagi waktu antara kulaih dan organisasi.

Sebuah oganisasi sangat penting bagi seorang mahasiswa yang masih belum memilki pengalaman di sekolah sebelumnya baik Sma/Smk karena dengan masuk serta berpartipasi di dalam kepatiannya bisa memberikan pengalaman lebih bila dibandingkan dengan mahsiswa kupu-kupu           (kuliah pulang)selain itu manfaat berorganisasi juga dapt membantu kamu menambah teman,meningkatkan kepercayaan diri, serta melatih menjadi seorang pemimpin dan masih banyak lagi manfaat bagi mahasiswa yang memilih bergabung dalam sebuah organisasi.

Untuk teman-teman yang belum mengetahui manfaat apa saja yang bisa di dapatkan bila masuk di dalam sebuah organisasi bisa dibaca di bawah.

1. Menambah banyak teman baru


[caption id="" align="aligncenter" width="419"] id-blog.zenrooms.com[/caption]

Dalam sebuah organisasi kita akan menemukan banyak orang baru dari berbagai jurusan maupun fakultas biasanya adalah orang yang memiliki kemampuan khusus di bidangkan nya yang bisa kita jadikan teman serta menambah wawasan.

2. Meningkatkan kepercayaan diri


[caption id="" align="aligncenter" width="448"] phys.org[/caption]

Sebuah organisasi membutuhkan yang namanya komunikasi satu sama lain dengan baik agar setiap anggota terorganisir dengan baik dan selalu bisa berpartisipasi, dari situlah kita belajar untuk meningkatkan rasa percaya diri dengan selalu berpartisipasi di dalam setiap kegiatan yang ada di dalam organisasi

3. Belajar mengatur waktu




Kadang setiap organisasi memiliki waktu yang berbeda-beda dalam melaksanakan kegiatannya tak jarang pula waktunya bersamaan dengan kegiatan belajar di kampus oleh karena itu kita sebagai mahasiswa harus bisa memenegement waktu dengan baik dengan cara melihat mana yang lebih penting apakah organisasi atau kegiatan belajar di kampus

4. Dapat beradaptasi dengan orang baru




Organisasi yang sering mengadakan suatu event biasanya akan bekerja sama dengan pihak lain dan kita sebagai anggota atau panitia harus cepat berdaptasi dengan pihak tersebut agar terjalin rasa saling percaya.

5. Melatih kemampuan kepemimpinan




Menjadi bagian dari panitia dalam sebuah acara akan mengajarkan kita bagaimana menjadi seorang pemimpin minimal untuk memimpin diri sendiri

6. Selalu mendapat wawasan baru




Biasanya ilmu kita dapatkan di dalam ruang belajar kampus yang diberikan oleh dosen tapi lebih dari itu kita juga bisa mendapatkan wawasasan baru yang lebih di butuhkan di dalam berorganisasi.

7. Belajar berkerja keras


organisasi

Di dalam organisasi kita akan selalu bekerja sama dengan yang lainnya oleh karena itu kita akan belajar bagaimana cara bekerja sama dengan yang lainnya.tenang aja di organisasi itu ada yang namanya kakak pembimbing yang selalu mengajarkan bagaimana cara bekerja sama dengan baik.

8. Menemukan jati diri


organisasi

Dari sekian banyak manfaat organisasi di kampus ada satu yang paling penting yaitu kita bisa menemukan jati diri kita yang sebenarnya dengan cara selalu ikut dalam kepanitiaan.

 

Load comments