Minggu, 08 Mei 2016

Cara Jitu Agar Kamu Kuliah Setinggi Mungkin Meski Tidak Ada Biaya

Biaya kuliah merupakan salah satu faktor yang paling penting ketika kita akan melanjutkan kuliah ke tingkat yang lebih tinggi, Banyak orang yang mendambakan kuliah setinggi mungkin demi masa depan yang lebih baik, bagi mereka yang orang tuanya memiliki penghasilan lebih, melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi bukan lah masalah.

Tapi bagaimana jika orang tua kita memiliki pengahasilan yang pas-pasan. Kalau itu terjadi pada kamu, tak perlu khawatir. Kini sudah ada beberapa progam agar kamu tetap bisa kuliah, walaupun orang tuamu tak bisa membiayai.

1. Beasiswa


[caption id="" align="aligncenter" width="640"] klikkabar.com[/caption]

Beasiswa merupaka bantuan progam pendidikan yang paling sering kita dengar. Banyak sekali beasiswa untuk kuliah di perguruan tinggi di Indonesia. Dengan beasiswa kamu tidak perlu mengembalikan uangnya ketika kamu sudh lulus dan berkerja, yang paling penting ketika sudah mendapatkan beasiswa adalah terus belajar dan jangan sampai nilai kalian turun, jika turun biasanya beasiswa yang kamu dapat bisa di alihkan ke pada orang memiliki prestasi yang lebih tinggi.

Salah satu contoh Beasiswa yang lumayan besar adalah Bidik Misi. Beasiswa ini ditujukan untuk lulusan SMA atau calon mahasiswa. Ada pula beasiswa yang bisa dilamar ketika kamu sudah diterima menjadi mahasiswa. Sebut saja Tanoto, Wardah, Beswan Djarum, PPA dan lainnya

2. Student Load


[caption id="" align="alignnone" width="1200"] debatingeurope.eu[/caption]

Mungkin banyak dari kalian masih asing dengan progam yang satu ini, ya Student loans adalah bantuan dari lembaga atau institusi tertentu bagi mahasiswa yang ingin membiayai kuliahnya beserta dengan biaya buku dan biaya hidup lainnya. Dalam artian kamu bisa mendapat pinjaman dana untuk biayaya kuliah  dan melunasinya kamu bisa melunasinya ketika kamu sudah keja dan mendapatkan penghasilan

Salah satu lembaga yang mengadakan progam ini adalah Koperasi Jasa Siswa Bangsa yang digagas oleh Yayasan Sampoerna Foundation. Untuk saat ini sudah banyak lembaga yang menawarkan student loans peryaratanya yang di berikan juga cukup beragam mulai dari pinjaman tanpa bunga, pinjaman berbunga, hingga pendanaan lewat crowdfunding.

Tidak hanya dari lembaga saja, ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang juga membuka progam Student Loans diantaranya adalah :

  1. Sekolah Bisnis Prasetya Mulya

  2. Universitas Indonesia

  3. Universitas Bina Nusantara

  4. Institut Teknologi Bandung

  5. Universitas Gadjah Mada

  6. Institut Pertanian Bogor

  7. Universitas Pelita Harapan

  8. Universitas Atma Jaya

  9. Universitas Trisakti

  10. Universitas Al Azhar Indonesia

  11. Universitas Bunda Mulia

  12. Sekolah Bisnis Institut Pengembangan Manajemen Indonesia.


3. Kuliah Sambil Kerja, why not ?


[caption id="" align="aligncenter" width="594"] careerglider.com[/caption]

Banyak kok mahasiswa sekarang yang kuliah tidak hanya belajar tetapi juga bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dan biaya kuliah. Tetapi kuliah dengan bekerja akan tidak maksimal tetapi jika di landai dengan niat pasti tuhan memudahkan semuanya

Jika kamu ingin kuliah namun sambil, Beberapa perguruan tinggi mengadakan alternatif kelas kuliah malam yang bisa dipilih sebagai program kuliah karyawan, kuliah ekstensi, kelas karyawan, atau kuliah eksklusif. Kelas seperti ini cenderung lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan waktu kerjamu.

4. Kuliah Sambil Berwirausaha


[caption id="" align="aligncenter" width="690"] kbtx.com[/caption]

Kamu punya bakat dagang? Suka jualan barang apa saja ke teman-teman kamu, kenapa tidak diseriusin sekalian. Dengan berwirausaha kita bisa memperoleh pengahsilan yang lumayan dan bisa membiayayi kuliah kamu.

Sekarang kamu bisa jual barang melalui internet atau online pasti pasar kamu bisa lebih luas dan otomatis peluang kamu untuk mendapatkan hasil semakin besar. Apa lagi dengan adanya layanan e-commerce pihak ketiga seperti bukalapak dan tokopedia yang semakin memudahkan pejualan kamu.

Beberapa cara di atas bisa kamu coba jika melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi adalah cita-citamu

Load comments