Senin, 30 Mei 2016

Cara Menigkatkan Kualitas Kamera Smartphonemu

Indostudent.comDSLR sangatlah dibutuhkan ketika kamu ingin mengabadikan suatu moment yang tak ingin kamu lupakan dengan kualitas gambar yang tinggi. Akan tetapi, bagaimana kalau kamu tidak punya kamera DSLR atau pun kamera digital untuk mengabadikan moment berhargamu? Tenang saja, kamu dapat menggunakan kamera ponsel pintarmu.


Walaupun kamera ponselmu memiliki keterbatasan, kamu dapat mengoptimalkan pengambilan gambar. Beberapa cara ini dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkannya.



Mengkomposisikan Subjek


Kebanyakan orang sering memposisikan subjek foto pada bagian tengah. Untuk dapat mengambi gambar yang bagus, coba letakkan subjek pada sudut yang berbeda dengan tidak meletakknaya di tengah. Kamu dapat membuat garis imaginer yang membagi bidang foto menjadi tiga bagian kea rah vertikan  maupun horizontal.


Kamu dapat menggunakan grid agar muncul garis-garis pada viewfinder. Lalu letakkan subjek foto pada spertiga bagian luar untuk menguatkan kesan dinamis fotomu.



Posisi tinggi kamera


Kamu dapat memposisikan kameramu terhadap subjek yang difoto lebih tinggi, sejajar ataupun lebih rendah. Untuk dapat mengambil gambar yang bagus, coba psisikan kamera sejajar dengan objek.


Saat mengambi foto anak-anak, coba ambil posisi jongkok sehingga kamera setinggi pandangan mata anak tersebut. Posisi sejajar dengan mata dapat kamu gunkan untuk memotret manusia ataupun satwa, dan lain-lain.



Sudut pengambilan gambar


Jangan terpaku terus mengambil gambar dengan posisi setinggi kita berdiri. Cobalah bereksperimen dengan mengambil sudut pengambilan gambar yang berbeda-beda. Dari sudut pengambilan gambar yang lebih rendah ataupun dari sudut yang lebih tinggi. Dengan variasi sudut pengambilan gambar, anda mempunyai lebih banyak pilihan dan bisa menentukan foto yang terbaik diantaranya.


Carilah tempat yang memungkinkan  dalam posisi yang lebih tinggi atau rendah. Kamu bisa berbaring dilantai untuk memotret objek yang lebih rendah atau menggunakan kursi atau menggunakan hal yang lain untuk berpijak agar dapat mengambil sudut yang lebih tinggi dari objek.



Fokus pada suatu titik


penguncian fokus pada semua jenis kamera termasuk kamera saku dapat dilakukan dengan menekan rana/ shutter release setengahnya. Teknik ini berguna ketika titik fokus kamera hanya tersedia ditengah sedangkan kita tidak ingin menempatkan subjek foto ditengah tapi pada komposisi lain sesuai keinginan.


Untuk dapat mengunci titik fokus, tekan tombol focus lock atau tekan rana/ shutter release setengahnya kemudian komposisi ulang foto (recompose) sesuai keinginanmu dan tekan rana/ shutter release sepenuhnya.



Pencahayaan yang tepat


pencahayaan alami hampir selalu menjadi pilihan terbaik. Jika kamu berada di dalam ruangan, nyalakan lampu dan bereksperimenlah. Pengaturan blitz juga dapat digunakan di luar ruangan. Hindari mengambil gambar ke arah sumber cahaya karena subyek dapat terlihat seperti siluet gelap.

Load comments