Rabu, 04 Mei 2016

Dua Hal Mudah yang Dapat Membangun Kreativitas

membangun kreativitas merupakan suatu hal yang harus dilakukan setiap orang, karna dengan kreativitas dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan berbagai masalah, dan ada dua hal mudah yang dapat membangun kereativitas manusia yaitu :



1. Imajinasi


[caption id="attachment_107" align="aligncenter" width="544"]membangun kreativitas www.123rf.com[/caption]

Menurut Wikipedia imajinasi adalah kekuatan atau proses menghasilkan mental dan ide yang merupakan gambaran hasil dari proses berpikir, sedangkan  menurut KBBI (kamus  besar bahasa Indonesia) Imajinasi adalah daya pikir untuk membayangkan atau menciptakan gambar kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang. Jadi dapat disimpulkan bahwa imajinasi  adalah  gambaran pikiran seseorang berdasarkan kenyataan dalam menghasilkan berbagai mental dan ide.


Banyak ilmuan dan orang – orang sukses mencetuskan pentingnya imajinasi, karena imajinasi keluar dari batas pikiran seseorang yang semulanya dianggap  tidak mungkin tetapi dapat menjadi sebuah kenyataan. Alberrt Einsten pernah berkata tentang kekuatan imajinasi, katanya  “imajinasi itu lebih utama dari pada ilmu pentahuan.” Ilmu pengetahuan membuat kita berada didalam konteks tetapi imajinasi dapat mewaranai perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri.


Bahkan presiden komisaris  Swatch Group, Nicolas Hayek berkata, “Gabungkanlah teknologi yang hebat dengan imajinasi anak berumur enam tahun, niscaya akan tercipta suatu keajaiban.”  Memang imajinasi dan kreativitas seorang anak lebih tinggi dibandingkan orang dewasa, karna hasil dari penelitian menunjukan bahwa semakin bertambah usia seseorang makan imajinasinya akan semakin berkurang.


Berdasarkan penelitian, orang dyslexia (kesulitan bahasa) adalah orang yang tidak terlalu  pintar menghapal tetapi mereka adalah penghayal tingkat dewa. Contohnya seperti Charlses Schwab dan Richar Branson yang mengidap dyslexia  dan mereka mengaku bahwa dyslexia merupakan faktor kesuksesan mereka.


Jadi kembangkananlah  imajinasi yang anda miliki, jangan berpikir apa yang kita khayalkan terhadap sesuatu itu mustahil, tetapi cobalah berusaha membuat yang anda kira mustahil itu menjadi nyata. Sebagimana yang diakatakan Walt Disney, “my imagination creates my reality”, sebuah  imajinasi menciptakan realitas.



2. Intuisi


[caption id="attachment_94" align="aligncenter" width="400"]intuisi yang dapat membangun kreativitas www.binauralbeats.co.id[/caption]

Intuisi adalah kemampuan seseorang dalam memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasioanal dan intelektualitas atau lebih dikenal sebagai insting. Intuisi  akan membimbing seseorang keluar dari masalah yang buntu atau tidak terpikirkan jalan keluarnya. dan seseorang dapat mengasah intuisinya, karena orang yang tajam intuisinya mereka dapat mengupas setiap masalah yang ada.


Setiap enptrepreneur yang sukses mereka memiliki intuisi yang terasah dan dengan berbekal intuisi mereka dapat memperkirakan sukses atau tidaknya dalam menjalankan sebuah usaha.  Dan  bagi orang manajemen intuisi ini dianggap sebagai indra keenam karna mereka dapat melihat sesuatu yang tak dapat dilihat oleh banyak orang. sehingga intuisi dapat membimbing kita dalam membangun kreativitas yang kita miliki.

Load comments