Rabu, 25 Mei 2016

Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia

Kedokteran hewan merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati dan berpeluang besar dalam dunia kerja. profesi dokter hewan di Indonesia masih sedikit sehingga masih sangat di perlukan sarjana baru atau tamatan dari fakultas tersebut yang akan berorientasi pada penanganan kesehatan dan pemeliharaan berbagai macam satwa yang ada di Indonesia.

Di indonesia sendiri terdapat berbagai kampus dan universitas yang terdapat fakultas kedokteran yang mendalami dan mempelajari tentang hewan tersebut yang  tersebar di seluruh indonesia. Dan di antara universitas tersebut terdapat universitas atau perguruan tinggi yang terdapat fakultas kedokteran hewan terbaik yang dapat dari segi akademis maupun prasarananya.

Dan berdasarkan Badan Akreditas Nasional Peguruan Tinggi,  ada beberapa universitas dengan fakultas kedokteran terbaik dan dilihat berdasarkan akreditasnya, universitas tersebut antara lain yaitu :

Baca juga Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

1. Institut Pertanian Bogor - IPB


FKH IPB merupakan fakultas kedokteran hewan pertama dan tertua, serta sebagai trend setter pendidikan kedokteran hewan di Indonesia. Pendidikan kedokteran hewan di Indonesia telah dirmulai sejak tahun 1860 di Surabaya dan sempat ditutup pada tahun 1875.

Dengan timbulnya wabah rinderpest di Indonesia, maka pada tahun 1906 didirikan kembali pendidikan kedokteran hewan dengan nama Cursus tot Opleiding voor Indische Veearts di Surabaya dan kemudian dipindahkan ke Bogor dengan nama Lembaga Penelitian Penyakit Hewan (LPPH, sekarang Balai Besar Penelitian Veteriner)


2. Universitas Gadjah Mada - UGM


FKH UGM mulai dibentuk pada tahun 1959 yang pada waktu itu masih satu kesatuan dengan fakultas  perternakan, pada masa transisi ini FKHP mempunyai dua jurusan yaitu jurusan dokter hewan dan jurusan peternakan. dan pada 10 November 1969, terjadi pemisahan antara FKH dan FKHP namun meski terjadi pemisahan Fakultas Peternakan masih tetap tinggal di Sekip bersama-sama dengan FKH, sambil menunggu selesainya gedung yang baru.

Akhirnya pada bulan April 1982 Fakultas Kedokteran Hewan menempati gedung Sekip Unit II secara penuh setelah Fakultas Peternakan pindah ketempat yang baru di Karangmalang Yogyakarta. Namun demikian semenjak tahun 2003 Fakultas Kedokteran Hewan menempati gedung yang baru di Jl. Olah Raga, Karangangmalang, kembali berkumpul satu halaman dengan Fakultas Peternakan.[story]

 

3. Universitas Airlangga - UNAIR


FKKH UNAIR mulai didirikan pada tahun 1962. Pada tahun 1962, Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Republik Indonesia menginstruksikan kepada Rektor Universitas Airlangga untuk mendirikan suatu fakultas eksakta dalam lingkungan Universitas Airlangga.karna Universitas Airlangga dianggap mempunyai cukup kemampuan dengan adanya Fakultas Kedokteran yang telah maju.

Peresmian pembukaan Jurusan ini diadakan pada tanggal 25 Nopember 1969 hari Selasa di Aula Lembaga Virologi Kehewanan Wonocolo Surabaya, yang dihadiri pejabat-pejabat setempat dan Salah satu acara peresmian pembukaan Jurusan Kedokteran Hewan adalah sambutan dari Rektor Universitas Airlangga sendiri, yang juga sebagai Koordinator Perguruan Tinggi Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara.[story]


4. Universitas Hasanuddin - UNHAS


Pada tahun 1963 dibentuk Panitia Pendiri Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan di Makassar yang diketuai Syamsuddin Dg Mangawing dengan anggota Andi Pangerang Petta Rani, Drh. A. Dahlan dan Andi Patiwiri.

Pada tanggal 10 Oktober 1963 berdiri Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) yang berstatus swasta,kemudian  fakultas swasta tersebut dinegerikan menjadi Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin meialui SK Menteri PTIP No. 37 11964 Tanggal 4 Mei 1964.[story]

 

5. Universitas Syiah Kuala - UNSYIAH


Fakultas ini didirikan berdasarkan surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 79966 / UU tanggal 17 Oktober 1960 dengan nama Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP).

Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan merupakan fakultas kedua yang didirikan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) setelah Fakultas Ekonomi.   Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah merupakan FKH ke-3 dari tujuh FKH yang ada di Indonesia.[story]

Load comments