Rabu, 04 Mei 2016

Hidup Sehat Ala Mahasiswa


Hidup sehat sangat jarang diperhatikan mahasiswa,terkadang semua kesibukan  merubah pola hidup yang awalnya teratur menjadi tidak karuan, yah begitulah mahasiswa!  tetapi apakah bisa kesibukan itu dijadikan alasan kenapa mahasiswa tidak memiliki pola hidup yang sehat ? yaa tentu saja tidak! Terkadang itu hanya alasan klise yang sering digunakan mahasiswa untuk menutupi kekurangannya dalam mengelola waktu dan pola hidup yang benar.

  1.  Minum air putih yang cukup


hidup sehat dengan minum air putih

Diusahkan memperbanyak mengkonsumsi air putih setiap hari karena itu dapat  membantu memperlancar sitem metabolisme tubuh sehingga dapat membuat kita lebih mudah berkonsentrasi dalam belajar. Dan banyak dokter merekomendasikan kepada kita untuk minum 8 gelas perhari, dan dimulai 1 gelas air dingin (bukan air es) ketika baru bangun tidur.

    2. Pola makan


hidup sehat dengan makanan yang sehat

Setiap makanan yang masuk ke tubuh kita akan memberikan efek langsung kepada tubuh kita, contohnya jika kita makan racun maka efeknya akan  mati, hehe just kidding! Intinya setiap makanan yang baik akan membangun tubuh kita dengan baik dan begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu kita tidak boleh makan sembarangan, pastikan makanan yang akan kita makan asupan gizinya terpenuhi untuk tubuh kita baik vitamin dan mineral yang hanya didapat dalam daging dan sayur dan buah.

    3. Pola tidur


hidup sehat dengan mengatur pola tidur

Hal ini yang sangat jarang diperhatikan oleh mahasiswa, karena banyak mahasiswa yang tidur larut malam bahkan ada yang bergadang hingga pagi, hmm ngak dengerin kata bang haji roma irama apa? Tubuh kita butuh yang namanya istirahat, untuk orang dewasa minimal mempunyai waktu tidur 4-8  jam, terlalu singkat tidak baik dan terlalu panjang juga tidak baik, untuk cari amanya ya mengkondisikan dengan berat tidaknya aktivitas yang kita jalani.

Setelah seharian bekerja setiap sel yang ada di tubuh kita mengalami kelelahan dan juga ada yang rusak namun ketika kita sedang tidur setiap sel yang rusak di tubuh kita akan beregenerasi dan sel yang telah rusak akan diganti dengan sel yang baru sehingga ketika bangun tidur tubuh kita terasa lebih segar kembali.

Namun jika kita kurang tidur proses metabolisme di tubuh kita tidak berjalan lancar , menghambat proses regenerasi dan terkadang menyebabkan stress pada kulit yang mana nanti akibatnya bnyak menimbulkan berbagai masalah seperti insomnia, imunitas yang menurun,  kurit kering, kulit keriput, kurangnya konsentrasi, melemahnya daya pikir dan lain sebagainya  sehinga kita telah berbuat tidak adil kepada tubuh kita.

     4. Olahraga


hidup sehat dengan rajin berolahraga

Kegiatan yang sangat bermamfaat ini sangat jarang dilakukan mahasiswa, padahal mempunyai sejuta maafaat yang baik bagi tubuh kita, minimal olahraga 3x seminggu, bisa jogging, swimming dan aktivitas lainya yang membuat tubuh lebih banyak bergerak.

Sebagian besar penyakit itu diakibatkan karena system peredaran darah yang tidak lancar keseluruh tubuh jika kita rajin olahragak maka itu dapat memperlancar peredaran darah tersebut dan itu juga dapat menghindari kita terserang oleh berbagai macam penyakit terutama jantung, diabetes dan stroke.

     5. Mahasiswa Harus Refreshing


hidup sehat dengan berlibur

Yang namanya mahasiswa setiap hari pasti mendapat tekanan, baik dari dosen yang selalu ringan tangan meberi tugas, laporan dll dan juga tekanan dari teman, pacar, dan bahkan tekanan dari  dalam diri kita tentu semua tekanan itu membuat saraf kita menjadi tegang dan akibatnya tidak fokus dalam mengambil keputusan, mudah prustasi dan mudah terkena serangan darah tinggi.

Untuk mengatasi masalah tersebut mahasiswa perlu yang namanya refresing untuk memberikan nafas baru ke syaraf kita sehingga beban yang diberikan ke otak kita tidak terlalu memaksa.

Dan yang perlu dilakukan yaitu liburan ketika weekend, ngumpul bareng sama teman, nonton bioskop, berwisata, traveling dan sebagainya yang penting apa yang kita lakukan membuat diri kita terhibur dan melupakan sejenak masalah yang kita hadapi.

 

Load comments