Sabtu, 14 Mei 2016

Ingin Dapat IPK Bagus ? Lakukan 5 Hal Ini

Setiap mahasiswa pastinya ingin mandapatkan IPK tinggi. Lalu bagaimana cara meraih IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tinggi ?  Untuk beberapa mahasiswa IPK  itu nggak terlalu penting tapi buat yang lain mungkin sangat berarti  dan berjuang habis-habisan untuk dapat nilai yang tinggi supaya dapat IPK tinggi. Beberapa hal ini dapat kamu coba untuk mendapatkan IPK tinggi  :



Tidak pernah bolos (absensi lengkap)


mahasiswa-kuliah

      Beberapa kampus memberikan standar sendiri-sendiri tentang minimal prosentase. kehadiran mahasiswa pada perkuliahan ataupun yang ditetapkan oeh dosen yang mengajar mata kuliah. Kebanyakan kampus memberikan toleransi minimal 85% kehadiran dari seluruh total kehadiran perkuliahan. Dengan demikian kamu mempunyai jatah 15% untuk tidak hadir secara legal supaya dapat melakukan hal yang lebih penting. Tapi yang perlu  diingat baik-baik, ketidakhadirant  di perkuliahan jangan sampai lebih dari 15%. Dan juga cek dan perhatikan terlebih dahulu peraturan di kampus kamu mengenai prosantase minimal kehadiran pada perkuliahan.



Mengerjakan dan mengumpulkan tugas


student

        Jangan lupa kerjakan semua tugas yang diberikan di perkuliahan maupun di praktikum dan Jangan tunda-tunda lagi pengerjaannya. Apalagi sekarang sebagian besar mahasiswa sudah banyak yang memiliki laptop. Dengan adanya laptop maka tugas bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja.Apalagi koneksi internet di kampus sudah tersedia secara gratis dihotspot-hotspot. Nikmatilah proses-proses pengerjaan tugas dengan senyuman dan jangan dijadikan beban.  Janganlah menganggap tugas-tugas kuliah sebagai musuh, anggaplah sebagai kawan.



Rajinlah belajar


kebiasaan-unik-mahasiswa-saat-belajar-sdDqhKLCUg

       Dengan rajin belajar  kamu akan lebih mudah untuk  mendapatkan IPK tinggi. Rajin belajar bukan berarti  asal balajar tapi juga harus bersamangat secara terus menerus dalam belajar apapun itu yang terjadi. Kamu harus  bersemangat ketika mengikuti perkuliahan, bersemangat ketika mengerjakan tugas-tugas perkuliahan, bersemangat ketika membuat ringkasan materi (resume)  dan bersemangat ketika melakukan segala macam aktivitas akademik lainnya. Semua orang yang rajin belajar akan mendapatkan IPK tertinggi, namun dengan rajin belajar kamu  akan berada di jajaran peraih IPK yang tergolong bagus.



 Mengatur waktu dan pikiran


clock-calendar


        Untuk mendapatkan IPK tertinggi maka kamu juga perlu mengatur penggunaan waktu dan pikiran. Untuk dapat membagi  Membagi waktu dsn pikiran. Membagi waktu bisa dilakukan dengan membuat jadwal kegiatan, namun ketika kita sudah berdisiplin menepati jadwal kegiatan yang sudah ditetapkan  pikiranmu juga harus dalam kondisi  fokus pada kegiatan yang telah ditetapkan.



Konsultasi ke dosen


menghadapi-dosen-pembimbing-skripsi-super-sibuk-kwBfe2R8l0-300x186

         Untuk mendapatkan IPK tinggi kamu perlu berkonsultasi dengan dosen. Cobalah untuk menghubungi dosen untuk berkonsultasi terhadap suatu topik perkuliahan yang  belum pahami atau mata kuliah yang ingin kamu ambil saat pengisian KRS kepada dosen pembimbing. Hal ini dapat kamu lakukan karena jam perkuliahan yang terbatas maka kamu bisa bertanya dosen di luar jam kuliah. Bila ternyata saat itu dosen tidak bisa menerima konsultasi atau diskusi maka kamu bisa menanyakan kira-kira kapan beliau ada waktu.


 

Load comments