Selasa, 17 Mei 2016

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri Selain SNMPTN


indostudent.com - Bagi kemeren yang udah seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNPTN sekarang tinggal menunggu pengumuman hasil tes nya, semoga kalian semua keterima di perguruan tinggi negeri dengan jurusan pilihan kalin masing-masing.
nah, untuk kalian yang masih ngerasa cemas dan was-was nggk keterima di perguruan tinggi negeri pilihan kalian melalui jalur SNPTN tenang jangan khawatir dulu masih ada beberapa cara atau jalur untuk masuk ke perguruan tinggi pilihan kalian yang kesemuanya adalah tes tulis nggk ppa ya daripadakalian nanti ngk jadi ngelanjutin pendidikan ya nggk.


berikut adalah beberapa jalur untuk masuk ke perguruan tinggi negeri selain SNPTN yaitu :



1. SBMPTN


Hampir sama seperti SNPTN seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang disingkat dengan SBNPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri melalui tes tulis  yang di adakan di wilayah masing-masing peserta sehingga akan memudahkan para peserta ujian dengan kouta penerimaan mahasiswa baru sekitar 30% dari 100% kuota yang diberikan oleh perhuruan tinggi negeri.


Berbeda dengan SNPTN yang tidak dikenakan biaya pendaftaran sama sekali, untuk  mengikuti proses seleksi mnggunakan jalur SBNPTN  para peserta akan dikenakan biaya sesui dengan program pilihan untuk pilihan IPA sebanyak Rp175.000,00 IPS sebanyak Rp175.000,00 dan IPC sebanyak Rp200.000,00.


pendaftaran akan dibuka pada tanggal 12 Mei 2015 pukul 08.00 WIB sampai dengan 6 Juni 2015 pukul 22.00 WIB di web SBNPTN.



2. Seleksi Mandiri


Seleksi mandiri adalah proses seleksi masuk perguruan tinggi yang melaui tes tulis di kampus masing masing yang menyelenggarakan tes seleksi mandiri artinya tes seleksi mandiri hanya diperuntukan untuk peserta yang mendaftar di kampus tersebut saja bukan lintas wilayah seperti SBNTPN maka peserta wajib datang ke kampus tersebut secara lansung untuk mengikuti tes seleksi.


Untuk biaya Seleksi Mandiri ditanggung oleh setiap peserta masing-masing besarnya biaya tergantung dari PTN yang mengadakan seleksi mandiri, dari segi kuota Seleksi mandiri hanya menyediakan 20% dari 100% kuota yang disiapkan oleh kampus.


Biasanya Seleksi Mandiri di adakan setelah SNPTN dan SBNPTN selesai jadi kita masih ada waktu untuk belajar jika kedua jalur sebelumnya belum lulus.


 

Load comments