Kamis, 05 Mei 2016

Kunci Sukses Mahasiswa Untuk Memperoleh Tropy Wisuda

               Graduate cover


Ketika kita menginjakan kaki di bangku perkuliahan berarti kita siap menghadapi ranah pendidikan di  level berikutnya. Dan Jika tingkat pendidikan kita lihat melalui kecamata gamer yah bisa di katakan bahwa SD itu level 1, SMP level 2, SMA level 3 berarti mahasiswa level berapa kira-kira ?.. yup benar! Seorang mahasiswa tentunya ada di level 4, atau bisa dibilang level yang paling tinggi. Seperti yang teman-teman ketahui bahwa di dalam permainan semakin tinggi level maka semakin tinggi pula tingkat kesulitanya begitu juga tingkat kesulitan yang akan dihadapi oleh mahasiswa.


                Masih gnomongin game nih, ketika hendak bermain game, tentunya kita akan mempersiapkan terlebih dahulu hal-hal yang diperlukan bukan? Sebut saja salah satunya misalnya mengatur strategi agar berhasil mencapai final. Begitupun dengan kuliah, mahasiswa yang tidak cukup persiapan di level ini akan mengalami banyak hambatan dan kesulitan yang mendalam,, duhhh bappernyaa hehe. Sering kita lihat ada mahasiswa yang berhasil di bangku perkuliahan dan mendapat trophy keberhasilanya yang di sebut wisuda dan juga tidak sedikit  mahasiswa yang gagal pada stage ini, terlebih masih banyak yang belum memulai dan tidak pernah wisuda-wisuda , ya iyalah gimana mau wisuda law ngak kuliah-kuliah hehe.


                Okeh pada bagian ini kita akan membicarakan persiapan yang harus dimiliki agar dapat menjalani kejamnya bangku perkuliahan nanti, wooow terlalu dramatis ya, maklum efek sinetron hehe. Adapun persianpanya yaitu sebagai berikut chek it down,,,!




  1. Pribadi yang religius


Ingat pesan ibu mu ketika melepas kepergianmu untuk kuliah “nak belajar yang baik ya disana, sholat lima waktu jangan ditinggalkan dan baik-baik sama orang”, hiks ,,hiks,, L perpisahan yang mengharukan, emang ada gitu ya!! Yah setidak nya itu yang ada di scenario film hehe. Namun nasihat tersebut mengandung makna dan filosofi yang mendalam loh.


Yang  pertama ada pesan untuk belajar yang baik yang mana itu merupakan sebuah misi yang diberikan orang tua kepada kita dan tentunya kita sebagai anak yang berbakti harus mengembankan amanah tersebut.


 Yang kedua adalah sholat lima waktu, ini bukan berarti mengkhususkan untuk agama Islam, tetapi rangkaian kata ini bermakna agar kita selalu mendekatkan diri kepada Tuhan, dengan begitu semua tekanan baik dari tugas, dosen, organisasi dan lainya dapat kita hadapi dengan sabar dan tabah dengan keyakin bahwa Tuhan tidak pernah menguji  di luar batas kemampuan hamba-Nya, yah  karena tidak jarang kita temui mahasiswa  yang frustasi oleh masalah sepele dan merasa tidak ada jalan keluarnya, hal ini dapatdisebabkan karena kurangya nilai religius yang ada pada diri mereka yang menganggap bahwa masalah mereka tidak bisa di selesaikan, padahal Tuhan hanya memberi sedikit ujian  agar hamba-Nya mendekatkan diri  dan berserah diri kepada-Nya, ehmm tumben ni jadi ajim gini hehe.


Yang ketiga berbuat baik kepada orang lain, mengapa demikian..? dengan kita berbuat baik kepada setiap orang di sekitar kita terlebih dalam perkuliahana kita akan mendapat feedback yang luar biasa, salah satu kunci sukses kuliah adalah banyak teman karena teman tersebut bisa menjadi relasi dan patner yang akan bersedia membantu kita dalam menyelesaikan setiap masalah yang kita miliki.


Membicarakan pribadi yang religus cakupanya sangat luas dan ketiga hal tersebut merupakan hal mendasar yang harus ada pada diri mahasiswa.


 




  1. Pribadi yang berkarakter


 Ada beberapa tokoh yang mendefinisikan karakter,  seperti W. B. Saunders, Gulo W, Kamisa, Wyne, Alwisol dan lainya, namun di sini saya mengambil pendapat Alwilsol yang menjelakan bahwa karakter merupakan penggambaran tingkah laku dengan menonjolkan nilai (benar-salah, baik-buruk) baik secara eksplisit maupun implisit. Ketika ada yang beranggapan orang yang berkarakter sama dengan orang yang  berkepribadian itu merupaan sebuah  anggapan yang keliru karena Karakter berbeda dengan kepribadian dan pengertian kepribadian dibebaskan dari nilai. Namun, baik kepribadian maupun karakter berwujud tingkah laku yang ditujukan kelingkungan sosial dan keduanya mengerahkan dan mengorganisasikan setiap aktivitas individu.


Dan jika kita bertanya tentang pribadi berkarakter apa saja yang harus dimiliki mahasiswa, maka jawabanya yaitu eng ing eng,,,!


      3. Disiplin


Mahasiswa bisa dibilang orang yang cukup sibuk, mengapa demikian? sebab mahasiswa memiliki banyak kegiatan yang ada didaftar jadwal mereka dan juga  banyaknya tugas, laporan, persentasi,  skripsi dan lain sebagainya yang selalu mengganggu  nyenyaknya tidur seorang mahasiswa. dan kunci agar semua kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik adalah disiplin. Seorang mahasiswa harus disiplin dalam berbagai hal terutama masalah pola hidup dan management time perkuliahan, jangan sampai perkuliahan membuat pola hidup yang tidak sehat sebagaimana yang di lakukan sebagian besar mahasiswa dan jangan juga untuk mengatur pola hidup sehat melalaikan kewajiban kita sebagai mahasiswa


     4.  Ingin tahu dan cinta ilmu


Rasa penasaran itu baik dan bukan berarti kepo ya hehe, dan yang paling baik itu adalah rasa penarasan terhadap ilmu (bukan cewek). Jika kita semakin penasaran terhadap ilmu yang kita kaji maka kita akan semangat untuk memperdalam ilmu tersebut, so perkuatlah rasa penasaran dan ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan yaa!


      5. Berusaha keras


Tidak ada kesuksesan yang dicapai tanpa adanya kerja keras, dan tidak ada usaha keras yang tidak berbuah kesuksesan, setuju ngak ..?  harus setuju donk hehe maksa. Dan ini merupakan hal yang sangat penting baik dalam hal apapun, karena tanpa berusaha  keras kita tidak akan meraih apapun yang kita inginkan. So berusaha keraslah untuk menyelesaikan kuliahmu!


       6. Berpikir logis, kritis, dan inovatif


Berpikir adalah salah satu hal sangat  penting,  dan seorang siswa harus berpikir logis , kritis, dan inovatif dalam menangapi berbagai hal, baik dalam bertanya menanggapi, menyaggah dan lain-lain, karena dengan begitu seorang siswa akan dapat  meningkatkan setiap ability yang dia miliki.


      7. Bertanggung jawab


Di point terakhir ini merupakan kesimpulan dari setiap nilai – nilai karakter yang ada di atas, maksdunya gimana..?  Jika kita memiliki rasa tanggung jawab  maka apapun yang diamanahkan akan kita jalani dengan sungguh-sungguh,  seperti pesan di atas pesan  ibu kepada anaknya yang menyuruh anaknya belajar dengan baik, secara tidak langsung pesan itu juga yang hendak di sampaikan kepada kita sebagai siswa maupun mahasiswa dan kita harus memiliki rasa tanggung jawab untuk menjalankan amanah tersebut, dan tidak hanya itu juga kita harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap apapun yang kita lakukan, so berani berbuat berani bertanggung jawab ocee!


 

Load comments