Rabu, 04 Mei 2016

Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Agar Tidak Salah

Memilih jurusan merupan hal yang harus di pikirkan  setelah selesai SMA. Tidak hanya  ilmu, kamu juga akan mendapat banyak pengalaman dan teman. Namun terkadang kita dibingungkan harusa melanjutkan kuliah di jurusan apa yang sesui keinginan kita, tentunya kamu tidak mau jika nanti mersa salah mengambil jurusan ditengah jalan kan.

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar untuk memilih jurusan agar tidak salah !

1. Pilih jurusan sesuai dengan passion kamu


Dalami minat kamu, kenali dan pahami diri kamu baik-baik apa yang menjadi kesukaan kamu. Kenapa demikian ? karena kuliah itu adalah salah satu cara untuk menyalurkan passion kamu. Jika kamu mengambil jurusan yang sesuai dengan passion di jamin kamu tidak akan merasakan salah jurusan.

2. Pastikan jurusan yang kamu ambil adalah pilihan terbaik kamu


Jurusan yang kamu ambil  harus memenuhi keinginan kecilmu untuk bisa  mahir di bidang tersebut. Misalkan kamu mengambil jurusan Teknik Elektro, pastikan kamu akan bisa mengusainya semua yang telah di pelajari. Galih terus pengetahun kamu tentang jurusan tesebut sampai mahir.

3. Jurusan yang dipilih memiliki prospek untuk kerja


[caption id="" align="alignnone" width="2122"] hreonline.com[/caption]

 

Biasanya kalau sudah bertemu dengan jurusan yang kamu minati, masih ada satu jalan lagi yang harus dilewati yaitu: mendapat restu dari orangtua. Umumnya, banyak orang tua yang menginginkan anaknya untuk kuliah di jurusan yang punya prospek kerja nantinya. Tapi ketika keinginanmu tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan, jangan menyerah dulu! Coba yakinkan mereka dengan berbagai prospek kerja yang jurusan itu miliki, gali semua potensinya.

4. Bulatkan tekat dan konsisten


[caption id="" align="aligncenter" width="700"] afttrans.com[/caption]

Tekad dan konsisten ini sangat wajib banget kamu pegang. Kalau dari awal kamu sudah memilih setengah hati. Jangan sampai kamu berhenti ditengah jalan hanya karena kamu jenuh dengan dan tidak kuat menjalaninya.

5. Mensurvei kekurangan dan kelebihan jurusan yang kamu pilih


Cara ini merupakan salah satu terbaik jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal. Dengan survei yang kamu lakukan kamu bisa mendapakan pencerahan tentang jurusan yang kamu pilih. Survi yang harus kamu lakukan adalah mencari tau semua seluk beluk jurusan itu. Mulai dari akreditasnya, lokasinya, bahkan sampai kakak-kakak senior yang mungkin nanti bisa jadi panutan

6. Memilih Jurusan yang sesuai kemampuan kamu


[caption id="" align="alignnone" width="1200"] greenbuildermedia.com[/caption]

Pastikan juga bahwa kamu nantinya mampu menjalankan kuliah dan mampu mempertanggugjawabkan. Jangan sampai Cita-cita kamu setinggi langit, tapi usaha serendah inti bumi. Alhasil ilmu yang kamu dapatkan tidaklah maksimal.

7. Biaya kuliah tidak membebani orang tua kamu


[caption id="" align="aligncenter" width="673"] liputan6.com[/caption]

Sudah menapatkan jurusan sesui minat dan passion kamu, tapi juga harus melihat kemampuan orang tua kamu. Jangan sampai kam berhenti di tengah jalan karena biaya kuliah yang cukup besar.

Load comments