Senin, 09 Mei 2016

Teknik Membuat Presentasi Yang Mengagumkan

membuat presentasi yang menarik


Presentasi adalah suatu kegiatan dalam menyampaikan sebuah tulisan ilmiah di depan sebuah forum untuk menyampaikan idea atau gagasan untuk mendapatkan pemahaman terhadap sebuah tema yang akan dibahas. Dan dalam menyampaikan gagasan kekhalayak ramai seorang presenter perlu membuat presentasi yang menarik, bagus, dan mudah dipahami audiens.a


Disini kita akan membahas satu persatu bagaimana teknik membuat presentasi  yang menarik dalam menyampaikan sebuah gagasan.



A.  Memilih desain yang sesuai dengan tema


Desain slide yang digunakan untuk membuat presentasi harus sesuai dengan tema yang akan dibahas. contoh membuat presentasi tentang teknologi computer maka slidenya harus berhubungan dengan computer sehingga ada relevansi antar slide dengan topik yang akan dibahas.



B.  Mengunakan teks yang singkat, padat dan jelas


Para ahli presentaasi menyarankan dalam membuat presentasi maksimal menggunakan teks berjumlah lima baris per slide dan  hanya berisi point-point penting dari topik, hindari membuat teks yang panjang karena akan mengurangi ketertarikan audiens dalam mebaca.



C.  Memiliki alur yang jelas dan teratur


Materi yang kita sampaikan harus tersusun dan urut, dan juga memiliki alur yang jelas sehingga dapat  membuat audiens mengerti keterkaitan sub –sub materi yang disampaikan. Jika tidak! audiens akan sulit mengerti dan menghubungkan keterkaitan materi tersebut sehingga apa yang sudah disampaikan tidak dapat dipahami dengan jelas oleh audiens.



D.  Mamfaatkan media pendukung


Dalam presentasi kita harus menjelaskan isi dari materi yang disampaikan dengan beberapa contoh, contoh  tersebut dapat menggunakan video, ilustrasi, grafik dan sebagainya, ini akan memberi nilai tambah kepada pemateri sehingga presentasi yang kita sampaikan tidak terkesan kaku dan monoton.



E.  Setiap slide sebaiknya berisi satu pokok pembahasan


Dalam membuat presentasi yang professional kita harus memperhatikan materi-materi yang dibuat disetiap slide,  usahakan untuk dalam satu slide hanya terdapat satu pokok pembahasan karena ini akan dapat membuat audiens lebih fokus terhadap point yang kita sampaikan.



F.  Gunakan karakter dan ukuran huruf yang proporsional


Gunakan karakter huruf yang nyaman dipandang dan tidak membuat audiens merasa bosan ketika mebaca materi yang ada dislide. Dan juga ukuran huruf yang digunakan tidak boleh terlalu besar dan  juga tidak boleh terlalu kecil yang akan menyulitkan audiens untuk membacanya, gunakanlah huruf yang sekiranya dapat menyesuaikan dengan slide seperti ukuran huruf 22 – 26 untuk judul dan ukuran 14 – 18 untuk kontenya.

Load comments