Sabtu, 14 Mei 2016

Yang Harus di Persiapkan Sebelum Presentasi


Persiapan presentasi perlu dipelajarai dan dipahami bagi setiap mahasiswa , karna biasanya dosen sering kali memberi tugas kepada mahasiswanya untuk dipresentasikan didepan kelas. Dan kategori penilaian setiap dosen tentu berbeda namun pada umunya dosen memberi beberapa patokan nilai, seperti penguasaan materi, materi itu sendiri kemudian cara kita dalam menyampaikan presentasi kepada siswa lainya.


Dan terkadang ada beberapa dosen hanya memperhatikan beberapa aspek saja dari presentasi kita,  tetapi tetap saja kita  harus mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk melakukan presentasi agar yang diharapkan dari presentasi kita tercapai


Yang perlu disiapkan  yaitu :





  1. Mengumpulkan materi




Ketika dosen memberikan sebuah materi yang akan dipresentasian maka kita perlu mempersiapkan berbagai referensi dari berbagai sumber. Dan pastinya setiap sumber memiliki penjelasan yang berbeda-beda namun pada intinya sama, jadi kita harus menarik kesimpulan dari berbagai  referensi tersebut untuk dijadikan kalimat yang sederhana dan mudah dipahami sehingga dapat menjadi nilai plus untuk presentasi kita





  1. Membuat kerangka presentasi




Setelah semua referensi yang berkaitan dengan materi sudah lengkap maka langkah selanjutnya yaitu membuat kerangka materi.  pada bagian ini kita memilih point-point materi yang akan kita sampaikan.





  1. Penyusunan materi yang menarik




Membuat presentasi yang menarik sangat diperlukan karena akan menjadi ketertarikan sendiri bagi yang melihat. Di bagian ini kita harus menyusun secara teratur setiap point-point yang disiapkan.


Dan hindari menulis sebuah judul atau sub judul disertai penjelasan yang panjang karena itu akan menurunkan kualitas presentasi kita, cukup disertai point penting yang  berkaitan dengan judul seterusnya kita akan menjelaskan rincianya secara langsung .





  1. Menghapal materi  yang akan disampaikan




Menghapal materi yang akan kita persentasikan sangat diperlukan karena dari situ dosen dapat menilai seberapa besar kita dalam menguasai materi. Slide yang kita tampilkan itu hanya sebagai pengingat saja agar apa yang kita jelaskan terstruktur dan tersusun dengan baik, selebihnya akan kita jelaskan sendiri di luar slide yang di tampilkan





  1. Menyampaikan materi dengan persiapan mental




Setelah semua materi telah kita siapkan selanjutnya yaitu persiapan, dan ini menjadi tantangan terbesar, karena kita dituntut untuk menjelaskan materi apa yang kita persiapkan dan kita berusaha membuat mereka mengerti terhadap materi yang kita bahas.


Tentu ini tidak mudah, karena diperlukan keberanian dan percaya diri serta sikap mental yang kuat. Kenapa ini diperlukan . .? terkadang kita telah menghapal dan yakin telah menguasai sebagian besar materi yang telah disiapkan, namun ketika waktu presentasi  di depan audien, semua yang telah kita hapal tersebut menjadi lupa atau blank akibat grogi, tidak percaya diri dan akhirnya down.


Oleh karena itu selain mempersiapkan materi kita juga harus melatih mental kita agar dapat mengantisipasi semua hal yang tidak diinginkan ketika menyampaikan materi  sehingga materi  yang kita sampaikan menjadi sukses.


 

Load comments