Selasa, 07 Juni 2016

Jalani Hidup Sehat Pelajar Dengan Beberapa Hal Ini

Indostudent - Seorang pelajar harus sehat untuk menunjang aktifitas belajar dan meraih prestasi, baik kesehatan tubuh, pikiran dan hati. Banyaknya tuntutan dan tantangan saat ini, menjadikan kesehatan sebagai barang yang terabaikan dan dianggap tidak penting oleh pelajar. Bahkan pelajar lebih takut jika tugasnya tidak selesai daripada kesehatan yang tidak membaik.

 

Cukup Minum Air Putih


Pola gaya hidup sehat yang paling utama adalah cukup minum air putih. Karena faktor terbesar penyebab rusaknya ginjal  adalah kurang minum air putih. Dan juga kekurangan minum air putih menyebabkan terhimpitnya toksin pada saluran ureter ke ginjal, jika mengeras dapat menyebabkan batu kristal atau biasa disebut dengan batu ginjal.


Olahraga Teratur


Olahraga merupakan kegiatan yang sering kalai dilupakan, padahal dengan olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan menghindarkan tubuh dari serangan ke berbagai penyakit.

Jadi sempatkanlah olahraga ringan minimal jalan kaki 2-3 jam di pagi hari karena dengan olahraga ringan tersebut sudah cukup menghindarkan tubuh dari penyakit jantung, stroke, diabetes dan osteoporosis.

 

Menjaga Asupan Nutrisi Tubuh


Makanan adalah jalan masuk nutrisi untuk tubuh, Maka dari itu asupan gizi makanan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh yang perlu kamu jaga.  Karbohidrat adalah yang utama untuk tenaga dan nutrisi ke otak yang biasanya ada pada nasi, jagung dan sorgum.

Protein berperan sebagai zat pembentuk yang terdapat pada daging, susu dan kedelai. Mineral berperan sebagai anti oksidan yang biasanya terkandung dalam sayur-sayuran atau buah-buahan.

 

Hindari Rokok


Kebanyakan pelajar laki-laki memiliki kebiasaan buruk yaitu merokok, mereka selalu mengganggap merokok itu boleh asal sewajarnya. Dalam sebuah penelitian, satu batang rokok mengandung 600 lebih zat kimia.

Akan tetapi perokok pasif memiliki dampak buruk 3 kali dibanding perokok aktif, hal ini dikarenakan asap yang dikeluarkan oleh perokok aktif mengandung sisa pembakaran tembakau serta ditambah dengan berbagai penyakit yang telah masuk ke dalam ke dalam paru-paru perokok aktif yang dapat menularkan penyakit melalui udara.

 

Tidur yang cukup


Banyak pelajar yang belajar dirumah hingga larut malam karena tugasnya harus diselesaikan esok hari. Ini kebiasaan yanag harus kamu hindari karena ini tidak baik dan akan  mengganggu kesehatannya.

waktu malam adalah waktu dimana organ tubuh diperbaiki (maintenance) bila saat perbaikan tersebut organ tubuh digunakan untuk beraktifitas maka perbaikan akan tidak maksimal dan berdampak buruk pada kinerja organ tubuh di keesokan harinya. Untuk itu kamu perlu tidur yang cukup untuk menjaga kesehatanmu.

Load comments