Kamis, 02 Juni 2016

Kisah Inspirasi Lee Byung-chul Pendiri Samsung Group

indostudent.com-Lee byung-chul adalah salah satu pendiri perusahaan elektronik raksasa di dunia. Perusahaan tersebut adalah Samsung, Perusahaan yang berbasis di korea ini sukses berkat berbagai macam perangkat Android kelas atas yang mereka keluarkan.


Lee Byung-chul terlahir dari keluarga kaya yang memiliki tanah yang cukup luas. Dia juga sempat melaksanakan pendidikan perkuliahan di Universitas Wesda Tokyo, Akan tetapi dia tidak sampai meneyelesaikannya. Lee Byung-chul membuka usaha penggilingan padi sebagai usahanya yang bermodalkan harta warisan dari orang tuanya. Akan tetapi usaha penggilingan padinya ini tidak berjalan dengan baik.


Pada tahun 1983, Lee Byung-chul mendirikan sebuah perusahaan perdagangan ekspor di Korea yang menjual ikan, sayuran dan buah-buhan untuk di ekspor ke Cina. Perusahaan perdagangan ekspor miliknya ini berkembang pesat dan pada tahun 1947 dia memindahkan kantor pusatnya ke Seoul.


Ketika terjadi perang korea, Lee Byung-chul terpaksa meninggalkan Seoul dan mulai merintis usaha pabrik gula yang dia berinama Cheil Jedang di Busan. Pabrik Cheil Jedang ini adalah pabrik gula pertama yang ada di korea. Pada tahun 1954, Dia mendirikan pabrik wol yang bernama Cheil Mojik di Chimsandong, Daegu. Perusahaannya ini terus berkembang pesat dan menjadi perusahaan wol terbesar di korea. Lee Byung-chul Kemudian mendirikan perusahaan Samsung yang bergerak di berbagai bidang usaha.


Pasa tahun 1958, Samsung mulai melakukan ekspansi di berbagai industri seperti di bidang keuangan, media, bahan kimia dan pembuatan kapal. Pada tahun 1960-an, Samsung mulai berbisnis di bidang Elektronik dan membagi kerja dalam bentuk divisi-divisi agar perusahaanya dapat berkembang dengan pesat seperti divisi  Samsung Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mekanika Co, Samsung Corning Co, dan Samsung Semiconductor & Telecommunications Co. Samsung mengeluarkan produk pertamanya berupa Televisi hitam-putih.


Pada tahun 1980, Samsung diakuisisi Oleh Hanguk Tongsin Jeonja dan mulai membuat perangkat telekomunikasi di gumi. Produk telekomunikasi awal yang dibuat oleh perusahaan ini adalah switchboards, kemuadian  samsung mulai memproduksi telepon dan faks dan akhirnya menjadi Samsung's mobile phone manufacturing.


Pada akhir 1980-an, Samsung Electronics mulai  berinvestasi dalam penelitian dan pembangunan untuk mendorong perusahaan ke garis depan dalam industri elektronik global. Pada tahun 1980-an Samsung adalah perusahan manufaktur, distributor, dan menjual berbagai macam peralatan dan produk elektronik di seluruh dunia.


Pada tahun 1982, Samsung  membangun sebuah pabrik perakitan televisi di Portugal. Kemudian Samsung  membangun sebuah pabrik senilai $ 25 juta di New York. Dan, Samsung juga membangun fasilitas lain senilai $ 25 juta di Inggris. Pada tahun 1990, Samsung mulai membangun pabrik untuk memperluas perusahaanya secara global di Amerika Serikat, Britania Raya, Jerman, Thailand, Meksiko, Spanyol dan Cina sampai 1997.


 

Load comments