Senin, 21 Januari 2019

10 Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Lulusan IPS

Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Lulusan IPS

Lulusan IPS mau kuliah ambil jurusan apa? Mungkin pertanyaan ini sering muncul didalam benak kamu yang sekolah di SMA jurusan IPS, karena ada banyak yang beranggapan bahwa lulusan IPS memiliki pilihan lebih sedikit ketimbang lulusan IPA dalam menentukan Jurusan kuliah nantinya. Padahal lulusan IPS juga bisa memiliki prospek terbaik dalam menentukan kuliah dan kerja.

Tapi kamu tidak perlu kawatir karena anggapan itu tidak benar, dan ternyata banyak jurusan yang bisa kamu ambil ketika kuliah. Berikut 10 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan IPS :

 

Baca Juga : 

5 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia


7 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta



1. Lulusan IPS Bisa Kuliah di Jurusan Ilmu Hukum


[caption id="attachment_3318" align="alignnone" width="741"]Lulusan IPS ilustrasi / google[/caption]

Selama masih ada kehidupan di bumi ini, dan selama itu pula pasti masih ada kasus hukum. Jadi jika kamu lulusan IPS, maka peluang kuliah di jurusan Ilmu Hukum ini masih sangat besar terlebih lagi nantinya pasti mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

 

2. Sastra Inggris


Jika kamu suka dengan bahasa asing, jurusan ini sangat tepat. karena jurusan sastra inggris ternyata memiliki prospek kerja kedepannya yang menjanjikan. Misalnya seperti Kedutaan Internasional, Guide, Guru Bahasa Inggris, Penerjemah. tentunya ini menjadi peluang untuk lulusan IPS.


3. Psikologi


Jurusan ini mempelajari tentang prilaku manusia dan cocok untuk lulusan IPS. Selain itu, Psikolog adalah ilmu yang meneliti alur pemikiran dan alasan dibalik tindakan kita. Mulai dari persepsi, kognitif, dan hubungan intrapersonal. Jadi kamu nggak bakal bosan mempelajarinya.

Untuk kamu yang tertarik dengan jurusan ini, kamu bisa memilihnya karena prospek kerjanya juga cukup menjanjikan diantaranya adalah HRD, Market Research Psikolog, Konsultan Perusahaan, Psikiater. dan tentunya dengan gaji/penghasilan yang cukup besar.

 

4. Bisnis dan Manajem


Jurusan yang satu ini juga cocok buat kamu yang lulusan IPS, jurusan bisnis dan manajemen ini sangat di butuhkan di hampir semua perusahaan. Sebab lulusan bisnis dan manajemen itu bisa ditempatkan di area mana saja, mulai dari manajemen perusahaan, marketing, keuangan, hingga statistik ekonomi.

Prospek kerja kedepannya juga sangat cemerlang, diantaranya adalah Pengusaha, Manajer, Direktur, Asisten Manajer, Sekretaris dll.

 

5. Jurnalistik


Kamu hobi menulis atau kamu suka mengamati perkembangan berita di tv ataupun koran ? mungkin jurusan jurnalistik bisa menjadi pilihan kamu saat kuliah. Apalagi jika kamu juga memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, pasinya kedepannya kamu bisa menjadi wartawan internasional yang bisa meliput berita diluar negeri.

Selain wartawan, ada juga beberapa pekerjaan yang bisa kamu ambl setelah lulus kuliah misalnya Jurnalis, Wartawan Lokal, Redaktur, Editor dll.


6. Hubungan Internasional


Jika kamu menginginkan jurusan dengan prospek kerja cemerlang dan menjanjikan kamu wajib pilih jurusan ini, selain itu juga membuat kamu akan sering keluar negeri !

Hubungan Internasional mempelajari bagaimana menjalin hubungan antar negara dengan baik. Serta mempertahankan keharmonisan dua negara untuk menghasilkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan dengan mengedepankan isu-isu umum seperti sosial, hukum, ekonomi, dan politik.

Prospek Kerjanya juga keren-keren, kamu bisa menjadi  Duta Besar, International Officer, Konsultan Internasional, Politisi, dan Wartawan.


 

7. Ilmu Komunikasi


Jurusan yang satu ini juga tidak kalah keren dengan jurusan lain, Jurusan ilmu komunikasi bisa dipilih untuk lulusan IPS. Jurusan inijuga  tidak bisa ditangani oleh sembarangan orang, hanya orang yang memiliki pribadi yang kuat yang mampu menjalani pekerjaan dan harus mampu mengomunikasikan suatu hal dengan baik.

Setelah lulusa kuliah juga memiliki peluang kerja yang bagus diantaranya Broadcasting, Advertising, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Bisnis, dan Public Relations.

 

8. Desain Grafis


Jika kamu menyukai desain dan kamu memiliki jiwa seni, maka jurusan ini tidak salah. Desain grafis merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari cara menyampaikan pesan dengan ungkapan kreatif untuk mecapai tujuan tertentu.

Pekerjannya juga bisanya berhubungan dengan gambar-gambar digital yang terdapat dalam film, logo, iklan, banner dll. Prospek jerjanya juga bagus kamu bisa menjadi Desainer, Tim Kreatif Perusahaan, dan Branding.

 

9. Akutansi


Jurusan akutansi ini menjanjikan lapangan kerja yang menggiurkan. Karena setiap perusahaan dari yang kecil hingga yang besar pasti membutuhkan pegawai untuk mengurusi masalah keuangan.


Seorang akuntan sangatlah penting untuk digunakan di perusahaan, selain akuntan, Pekerja yang cukup menggiurkan adalah Manajer, Auditor, Marketing.


 

10. Ilmu Perpusatakan


Jurusan ini dianjurkan buat kamu yang tidak mudah bosan,  ulet dan giat membaca dan menghapal buku. Ini adalah jurusan yang tepat buat kamu! Bahkan perpustakaan adalah surga bagi para kutu buku. Prospek Kerjanya antara lain Pustakawan dan Admin Perpustakaan.

Load comments