Selasa, 15 Januari 2019

Mekatronika Jurusan Pengembang Teknologi Cangih di Masa Depan

Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai banyak perguruan tinggi dan juga terdapat berbagai fakultas maupun jurusan. Diantara banyak fakultas tersebut terdapat satu jurusan  jarang didengar tetapi berkontribusi banyak untuk perkembangan teknologi, yaitu  jurusan MEKATRONIKA. karna program studi ini tidak banyak dikenal, tentu banyak yang bertanya


 

Baca Juga :

10 Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan di Masa Depan


7 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta


 

Apa itu jurusan Mekatronika ?


[caption id="attachment_3338" align="alignnone" width="746"]mekatronika Jurusan Mekatronika / google[/caption]

Mekatronika adalah sinergis IPTEK teknik mesin, teknik elektronika, teknik informatika dan teknik pengaturan (atau teknik kendali) . Yang digunakan  untuk merancang, membuat atau memproduksi, mengoperasikan dan memelihara sebuah sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (Wikipedia)


Jadi dapat dimpulkan bahwa Mekatronika atau Mechatronik (Mechanical Engineering-Electronic Engineering) adalah disiplin ilmu yang mempelajari dan membahas tentang Mekanika, Elektronika dan Informatika. dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui bahwa mekatronika adalah jurusan yang merupakan gabungan antara ilmu Mekanik, Eletronik dan Informatik.


Dimasa yang akan datang pengaplikasian dari jurusan ini akan digunakan hampir disetiap  bidang kehidupan, seperti komunikasi, transportasi, transaksi dan lain-lain. Dan dalam penerapanya  jurusan ini lebih mengedepankan aspek ketelitian, sehingga dalam pelaksanaan kerjanya diperlukan pengumpulan data, observasi dan penelitian


Jika kita lihat sekilas tentu terkesan keren, karna kita dapat mempelajari tiga bidang ilmu dalam satu jurusan. Dan tentu mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak karna akan mempelajari berbagai aspek yang terdapat di tiga jurusan tersebut. Oleh karna itu setiap lulusan mekatronika mempunyai peluang besar dalam dunia kerja.


Di Indonesia terdapat  sekitar 13 perguruan tinggi yang mengajarkan program studi ini. Sebelas  diantaranya lulusan D-III, satu perguruan tinggi yang lulusanya D-IV (Politeknik Negeri Batam). kemudian ada satu perguruan tinggi yang lulusannya S-1 yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).


Dan bagi siswa yang mempunyai ketertarikan dibidang teknik terutama yang berkaitan dengan mesin, jurusan ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Load comments